Sabtu, 10 Desember 2011

Cacar

  Penyakit Cacar


Cacar adalah penyakit menular yang unik bagi manusia, disebabkan oleh salah satu dari dua varian virus,''variola besar''dan''''variola minor. Penyakit ini juga dikenal dengan nama Latin''''atau''variola variola buaya'', yang merupakan turunan dari bahasa Latin''''varius, yang berarti melihat, atau''Varus'', yang berarti "jerawat". The "cacar" istilah pertama kali digunakan di Eropa pada abad ke-15 untuk membedakan variola dari "cacar besar" (sifilis).
Cacar melokalisasi dalam pembuluh darah kecil pada kulit dan dalam mulut dan tenggorokan. Dalam kulit, hasil ini dalam ruam makulopapular karakteristik, dan kemudian, mengangkat berisi cairan lepuh. V.'' ''utama menghasilkan penyakit yang lebih serius dan memiliki angka kematian keseluruhan 30-35%. V.'' ''kecil menyebabkan bentuk ringan dari penyakit (juga dikenal sebagai alastrim, cottonpox, milkpox, whitepox, dan gatal Kuba) yang membunuh sekitar 1% dari korban. Kebutaan akibat dari ulkus dan jaringan parut kornea, dan anggota tubuh cacat akibat arthritis dan osteomyelitis adalah komplikasi yang kurang umum, terlihat di sekitar 2-5% kasus.
Cacar diyakini telah muncul dalam populasi manusia sekitar 10.000 SM.
Selama abad ke-20, diperkirakan bahwa cacar bertanggung jawab atas 300-500 juta kematian. Pada awal tahun 1950 sekitar 50 juta kasus cacar terjadi di dunia setiap tahun. Setelah kampanye vaksinasi sukses sepanjang abad 19 dan 20, WHO bersertifikat pemberantasan cacar pada bulan Desember 1979.

Bacaan lebih lanjut

Sumber :  http://www.news-medical.net/health/What-is-Smallpox-(Indonesian).aspx

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More