Sabtu, 10 Desember 2011

Flu Burung

Flu Burung Belum Masuk Sumbawa

Sumbawa Besar, Psnews –
Peredaran wabah Flu Burung (FB) yang disinyalir sudah tersebar di beberapa wilayah di PulauLombokdipastikan belum masuk wailayah Kabupaten Sumbawa.
Kabid Keswan Dinas Peternakan Sumbawa, drh. Edi Putra Dharma mengungkapkan sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan terkait peredaran virus flu burung di lapangan.

Meski demikian pihaknya terus melakukan upaya antisipasi dan pengawasan di lapangan, salahsatunya berkoordinasi dengan Karantina Hewan Badas.
“Dari laporan yang diberikan Participatory Decease Surveillance Response (PDSR), Sumbawa masih bebas dari virus flu burung,” ujarn Edy Putra Dharma yang ditemui belum lama ini.
Ia menerangkan upaya pencegahan sudah dilakukan, bahkan di Pelabuhan Kayangan setiap unggas yang ingin diseberangkan ke Pulau Sumbawa diambil dulu sample darahnya untuk diperiksa.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Tim PDSR Sumbawa drh. Zaiddun.
Dipaparkan, sejak keberadaannya di Sumbawa tahun 2009, PDSR intens melakukan pemeriksaan unggas terutama di wilayah yang tingkat populasi unggasnya tinggi seperti Desa Labuhan Mapin, Labuhan Burung, Labuhan Badas, kotaSumbawadan daerah lainnya.
“Sejauh ini pihaknya sudah melakukan survey lapangan sambil mendata unggas yang dimiliki setiap peternak. Setelah itu langkah pencegahan pun dilakukan sehingga hasilnya Kabupaten Sumbawa masih bebas dari flu burung,” tegasnya. (rancoelstv)

Sumber :  http://www.pulausumbawanews.com/berita/flu-burung-belum-masuk-sumbawa

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More